Tujuan Pembelajaran materi : PUISI

 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.17Menganalisis  unsur pembangun puisi.

3.17.1    Menganalisis kata konkret dalam puisi.
3.17.2      Menganalisis gaya bahasa  dalam puisi
3.17.3    Menganalisis rima dalam puisi
3.17.4    Menganalisis  tipografi dalam puisi
3.17.5    Menganalisis  tema dalam puisi
3.17.6    Menganalisis  rasa dalam puisi
3.17.7    Menganalisis nada dalam puisi
3.17.8    Menganalisis  amanat dalam puisi

4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
4.17.1  Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); rasa (feeling), nada (tone), dan amanat/tujuan/maksud (itention).
4.17.2     Mempresentasikan puisi yang ditulis
4.17.3     Menanggapi puisi yang dipresentasikan
4.17.4     Merevisi puisi yang telah ditulis


Tujuan Pembelajaran

1.      Pertemuan 1: Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik,  dengan model pembelajaran diskoveri, peserta didik dapat menganalisis unsur pembangun puisi dengan rasa ingin tahu, kreatif, tanggung  jawab, teliti, serta jujur.

2.      Pertemuan 2: Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan pedagogik genre, saintifik, dan  dengan diskusi dan penugasan, peserta didik  dapat menulis puisi dengan kreatif, jujur,  dan  penuh tanggung jawaab. 


Terakhir diperbaharui: Sabtu, 16 Januari 2021, 06:58